Thursday 29 July 2010

(ilmu) Definisi Organisasi dan Kerjasama Internasional


• Perpu No. 1/2002 tentang Pemberantasan Terorisme
Organisasi internasional adalah organisasi yang berada dalam lingkup struktur organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa atau organisasi internasional lainnya di luar Perserikatan Bangsa-Bangsa atau yang menjalankan tugas mewakili Perserikatan Bangsa-Bangsa.

UU RI No. 24 Thn. 2000 tentang Perjanjian Internasional
Organisasi Internasional adalah organisasi antarpemerintah yang diakui sebagai subjek hukum internasional dan mempunyai kapasitas untuk membuat perjanjian internasional.

UU No. 37 Thn. 1999 Tentang Hubungan Luar Negeri
Organisasi Internasional adalah organisasi antarpemerintah.

• Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 1999 Tentang Keanggotaan Indonesia dan Kontribusi Pemerintah Republik Indonesia Pada Organsasi-Organisasi Internasional
Organisasi internasional adalah organisasi/ badan/ lembaga/ asosiasi/ perhimpunan/ forum antar pemerintah atau non-pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama internasional dan dibentuk dengan aturan tertentu atau kesepakatan bersama.

Dr. Boer Mauna
Organisasi Internasional adalah suatu perhimpunan negara-negara yang merdeka dan berdaulat yang bertujuan untuk mencapai kepentingan bersama melalui organ-organ dari perhimpunan itu sendiri.

• Sumaryo Suryokusumo
Himpunan negara-negara yang terikat dalam suatu perjanjian internasional yang dilengkapi anggaran dasar sebagai instrumen pokok (constituent instrument) dan mempunyai personalitas yuridik.


• Leroy Bennet
A permanent organization to carry on a continuing set of functions with voluntary membership of eligible parties which has basic instrument stating goals, structure and methods of operation and broadly representative consultative conference organ with permanent secretariat to carry on continuous administrative, research, and information functions.

• MSN Encarta
International Organization is membership group that operates across national borders for specific purposes.

Kamus Istilah Politik dan Kewarganegaraan
Organisasi Internasional adalah asosiasi atau perhimpunan negara-negara yang terikat oleh perjanjian untuk mengamankan tujuan bersama

Wikipedia
Organisasi internasional adalah suatu bentuk dari gabungan beberapa negara atau bentuk unit fungsi yang memiliki tujuan bersama mencapai persetujuan yg juga merupakan isi dari perjanjian atau charter.

D.W. Bowett
“…permanent association of governments, or administration (i.e. postal or railway administration), based upon a treaty of a multilateral rather than a bilateral type and with some definite criterion of purpose.”

• Leonard
Organisasi internasional mempunyai arti dan ciri-ciri khusus yaitu : cara melakukan hubungan-hubungan internasional dilakukan melalui badan-badan permanen yang telah diserahi dengan tanggung jawab dan wewenang tertentu dan melalui badan ini setiap pemerintah negara dapat melaksanakan kebijakan-kebijakannya dan hal-hal yang menyangkut kepentingan nasionalnya.

• J.G. Starke
“In the first place, just as the function of the modern state and the rights, duties, and powers of its instrumentalities are governed by a branch of munifical law called state constitutional law, so international institutions are similarly conditioned by a body of rules may will be described as international constitutional law”.

Keputusan Menteri Keuangan RI No. 574/KMK.04/2000
Organisasi Internasional adalah organisasi/badan/lembaga/asosiasi/ perhimpunan/forum antar pemerintah atau nonpemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama internasional dan dibentuk dengan aturan tertentu atau kesepakatan bersama.

• Wiki Answers
It is a group of persons representing or natural from more than one country who having a common purpose have grouped under a legally organized structure for achieving that common goal.

• Yahoo Answers
Organisasi internasional adalah hubungan yang saling membantu atau memberikan informasi antara satu negara dengan negara lain atau hubungan yang lebih dari 2 negara yang saling berinteraksi secara aktif baik secara langsung maupun tidak langsung.

Rose Heart
Organisasi internasional adalah suatu organisasi yang awalnya dibentuk oleh negara-negara yang memiliki latar belakang kepentingan yang sama. Lalu untuk menyelaraskannya dengan negara-negara yang bukan pendiri, organisasi internasional ini membuka keanggotaan bagi negara-negara yang juga memiliki latar belakang dan tujuan yang sama secara internasional.



No comments:

Post a Comment